Sabtu, 28 Juni 2014

#Kurikulum2013

Alhamdulillah rapot akhir kelas X gua udah keluar, hasilnya juga tidak mengecewakan, dan alhamdulillah juga gua naik kelas.
Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, gua sekarang gak tau ranking berapa.

Oke, itu bukan masalah, mental anak bisa aja ngedown kan kalau ngeliat ranking dan ternyata ranking dia dibawah? oke.. tapi yang bikin gua sedih..

KARENA GAK ADA RANKING GUA JADI GAGAL DAPET DISKON DI BIMBEL!! (salah fokus)

ekhem..
Bukan itu yang mau gua bahas..
Tapi sistem nilai yang lucu banget kayak kuliahan, A ; A- ; B+ ; B ; B- ; C
Dan karena nilai yang udah di abjadin ini lah, guru-guru jadi gak bisa 'ngurutin' ranking, katanya begitu.

Yang menarit buat gua adalah kurikulum gua sendiri, yaitu Kurikulum 2013.
Lucu banget terutama pas gua lagi survey tempat bimbel, mbak-mbak bimbel nya sampe kasian gitu liat 'murid Kurikulum 2013' dan bilang..

"Kayaknya angkatan kalian jadi bahan percobaan mulu ya.."





Gua hanya mewakili sekian banyak teman-teman angkatan gua yang mengalami nasib sama seperti gua,
Setelah menjalankan satu tahun di bangku SMA dengan Kurikulum 2013 ini, gua merasakan kesamaan antara gua dan teman-teman gua, antara lain:


  • Semester 1, semangaaaattt banget belajar. Semester 2 = Biasa aja.
Lucu banget setiap gua flashback masa-masa semester pertama di SMA. 

Klik gambar untuk mengetahui apa yang ku rasa slama nie #hehe,,,,


  • Lintas Minat unyu
Untungnya, disekolah gua boleh milih lintas minat yang di mau. Setidak nya bener-bener 'kemauan sendiri'. Tapi ada beberapa sekolah, kebanyakan, yang lintas minat nya di tentuin gurunya. Ini sangat lah lucu. Komentar beberapa temen-temen gua..

"UDAH TAU GUA MASUK IPS BIAR GA KETEMU FISIKA INI MALAH DAPET LINTAS MINAT FISIKA AAAH"
"Sama sekali gak minat pelajaran itu, tapi sekelas udah dipilihin itu semua gimana dong"
"Pasrah."
Yap, ngambil lintas minat, alias kita harus ngambil mata pelajaran diluar mata pelajaran pokok (kalau pelajaran pokok Ilmu Sosial: Ekonomi sosio geo sejarah ; kalau Ilmu Alam: MTK Kimia Fisika Biologi)
Jadi ya gitu, anak Ilmu Sosial harus ngambil Kimia Fisika atau Biologi, dan sebaliknya. Ribet, huh?
Ambil positive nya aja, wawasan kita jadi bertambah, kan? (Tetep aja otak ini lelahhhh)


  • Tugas yang dikasih kebanyakan
Masih inget postingan gua sebelumnya, yang Galaunya Anak SMA? beuh. Bener banget, Tugas yang di kasih untuk angkatan gue kayak nya banyaaak banget dan ribet-ribet.
Harus buat kliping lah (Penuh dengan persyaratan unyu unyu)
Essay 4 halaman polio tulis tangan
ini 
itu
segalamacem

Entah ada atau tidak nya pengaruh kurikulum baru ini, tapi memang sepertinya angkatan gua di ajak untuk #MengasahOtakTerus tapi pak.. please kita butuh tidur juga.

Bayangin setiap hari..
Bangun Pagi (Setidaknya 6.30 udah siap sekolah)
Pulang sore (Ekstra Kulikuler atau kerja kelompok yang hampir tiap minggu ada)
Sampe rumah maghrib (Diomelin emak bapak 'PERGI MULU KAMU KAPAN ADA WAKTU BUAT KELUARGANYA')
Mandi bersih bersih terus kecapekan (alhasil ketiduran, balik lagi ke awal.)

Itu sih mending, kalau tugas nya dikit. Kalau banyak? Tentunya waktu tidur kita berkurang juga, pak.. bu..


Yaa, beginilah sistem pendidikan di negeri ini. Gua juga gak ngerti karena gua bukan KEMENDIKBUD, dan gua yakin pasti mereka juga stress memikirkan bagaimana supaya pendidikan di Indonesia menjadi maju. Ya, benar. Mungkin mereka stress, dan kami juga lebih stress, pak.. bu.. #akurapopo #kamirapopo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar