Rabu, 09 Juli 2014

Kebiasaan Anak Kecil Pas Tarawih (Pengalaman Gue Ngedhh)

Hai gua kembali dengan membawakan artikel tentang ramadhan nih, yap kali ini gua mau bahas Tarawih. Setelah gua lihat-lihat postingan Nyunyu tentang tarawih, antara lain:


Gua punya cerita gua sendiri mengenai kebiasaan anak kecil (terutama cewek) saat tarawih



Belakangan ini gua sering taraweh sendirian (biasa nya bareng emak) terus alhasil disana gua jadi super duper alim cengo banget karena gua sholat di sekitar orang yang gua gak kenal..
Terus gua sempet sholat di kelilingin anak-anak bocah, gua rasa mereka se geng, terus mendengar percakapan kurang lebih kayak begini

"Eh nanti pas ceramah jajan yukkkk"
"Eh kakak yang itu ganteng.."
*terpesona liat cowok-cowok pada keluar*
"Eh nanti kita pulangnya jalan-jalan dulu yaaa" (ini mereka gak takut di culik kalongwewe atau gimana? Oh iya setan di iket pas Ramadhan)
"Ehh nanti CS an yukk" (CS itu yang nelfon ampe berjam-jam itu lohhh)
"Eh nanti kalau kita telfonan sampe malem yaaa"
"Ih apa banget sih loo ribet deh eww"

Gua hanya bisa diem. Mereka 85% menggambarkan gua dan temen-temen gua dulu, pas masih bocah, cewek-cewek bergerombol, pergi taraweh. Ini lah kebiasaan Sella Kecil yang pergi ke taraweh


  • KE MASJID BAWA TAS SEKOLAH
Beneran deh, gua ke masjid mau taraweh dulu bawa tasnya segede gitu. Lu tau isinya? bukan hanya mukena dan sajadah. Tak lupa gua juga membawa BUKU AGENDA RAMADHAN, BUKU TULIS, CRAYON, TEMPAT PENSIL, BOTOL MINUM.

Fix lebay banget kan bawaan gue dulu? Tapi suer deh, ini seru abis. Yap bener crayon, jadi pas lagi ceramah, daripada berisik terus diomelin emak-emak. gua dan temen-temen gua kompakan MEWARNAI. Gambar apa aja. Kalau nggak, nulis nulis diary unyu gitu di buku tulis, terus digambar lope lope pink pake crayon.

"D3ar d!arY, Hari nie qu sebel bgt soalx kAk Hijau gA shOlat huuuufFft padahal q D4h NungguIn dy4."

-dibaca: "Dear diary, hari ini aku sebel banget soalnya kak hijau ga sholat huft padahal aku udah nungguin dia" (dulu tuh anak-anak make nama samaran buat ngomongin cowok, nah kenapa namanya kak Hijau, karena cogan yang gua liat selalu pake sarung hijau. gua curiga dia kolor ijo yang tobat pas ramadhan. oke fix ngaco) 

  • CUCI MATA KAKAK-KAKAK GANTENG
Seperti yang sudah gua sindir sebelumnya, bener banget sih kalau yang ini. NGAKU DEH KALIAN PARA WANITA. Sebenernya gak cuman cewek doang yang cuci mata, cowok-cowok nya juga kok. Biasanya mereka sok nongkrong nongkrong gaul gitu, terus kalau ada cewek yang lewat, langsung digodain. 

Kan di masjid gua ada 2 tingkat gitu ya.. nah diatas itu biasanya tempat buat cowok-cowok sholat. Dari tempat ceweknya keliatan tuh tangga turun. Dan kalau mau keluar gitu juga keliatan. Saat yang paling tepat cuci mata : Pas ceramah. Banyak tuh cowok-cowok remaja dan anak anak yang pada keluar buat jajan atau nongkrong (astaghfirullah) dan saat mereka turun dari tangga menuju gerbang keluar.. ah kalian pasti tau bagaimana yang terjadi..


  • JAJAN (Terus besoknya sakit, jajanan tidak sehat) 
Dulu banyak banget abang-abang jajanan di depan masjid pas taraweh, tapi sekarang jumlahnya sedikit. Mungkin karena di larang sama pihak masjid, takut mengganggu ke khusyuk an sholat kita.
Tetep aja. Dikit. Tapi masih diserbu sama anak-anak.

Biasanya makanan yang dijual tuh : cimol, basreng, makaroni, somay, bakso, telor (yang di lidi itu lohh) kue laba-laba, mie mie unyu

Yang paling sering terjadi sih, setelah gue ikut-ikutan temen-temen gua yang pada jajan, abis makan jajanan itu, besok nya gua sakit. Pusing, mual atau batuk-batuk. Ya, banyak jajanan yang tidak sehat.

Tapi yang paling parah mah, PAS LAGI SHOLAT TERUS NYIUM BAU MAKANAN GARA-GARA ABANG-ABANGNYA LAGI NGEGORENG JAJANAN ITU. Kurang sabar apa coba.. Sholat gua fix terganggu banget

"allahuakbar.. eh ini bau apaan ih enak banget oke abis ini gua jajan" -padahal lagi rukuk. Astaghfirullah
Cimol 

  • DIOMELIN EMAK EMAK
Sebenernya sih gua jarang banget diomelin emak-emak. Karena gua kan anak baik-baik tuh pas ceramah ya diem aja (Iyalahhh ngewarnain gitu bersama geng)
Tapi setelah gue dewasa seperti sekarang ini, sering banget gue liat anak-anak bocah yang diomelin emak emak gara-gara berisik banget.

Ilustrasinya seperti ini..

"EH EH HAHAHAHAHA" *ketawa ngakak melengking khas anak-anak cewek*
"APA SIH LU GAJE:LAS HAHAHAHA" *ikutan ketawa*
"HEH KALO SHOLAT JANGAN BERISIK KALO BERISIK PULANG AJA" *emak-emak ngomel*
Seketika anak-anak itu pun diam. dengan wajah ketakutan, ciut, dan tatapan sebel saat emak-emak udah gak nengok ke arah mereka.
Lalu samar namun jelas, gua mendengar mereka berbicara.. sangat pelan
"Galak banget sih"

  • DISURUH SHOLAT AMA BAPAK-BAPAK YANG NGAWASIN TARAWEH 


Di masjid lu ada gak sih bapak-bapak pengurus masjid yang bertugas untuk menertibkan bocah-bocah yang berisik dan berkeliaran pas taraweh? Di masjid gua ada.
NAAH ini nih yang paling sering gua ngakak, dan sekarang gua bahkan gak ngerti kenapa dulu kayak gini.

Pernah gak sih kalian pas masih kecil capek sholat taraweh (berhubung rakaat nya banyak banget) terus mengutarakan kalimat ini pada sahabat kalian, yang teraweh bareng.. "Eh istirahat dulu yuk.."
Dan alhasil kalian gak sholat untuk beberapa rakaat? Gua pernah.

Ya namanya anak kecil ya -_- polos gitu.. wkwkwk terus biasanya justru pas 'istirahat sholat' ini lah, mereka asyik sekali mengobrol dan lupa kalau yang lain masih sholat. (gue sih ngga...)

NAH ini nih yang jadi perhatian bapak-bapak-super-hero-penjaga-keamanan-dan-ketertiban-tarawih. Bacanya gak usah terbata-bata gitu deh...

"AYO AYO SHOLAT"
"SSTT JANGAN BERISIK"
"SHOLAT SHOLAT"
Dan biasanya anak-anak akan langsung sholat pas udah di suruh bapak-bapak ini.
Atau ada juga, yang langsung berdiri, sok sok an mau sholat (atau yang lebih parah ada yang udah sholat gitu) terus pas bapak-bapaknya udah pergi, mereka duduk lagi.

Itu bukan gue. Eh sumpah bukan gue.














Hahaha udah kira-kira sih segitu aja yang mau gua ceritain, sebenernya masih banyak banget kebiasaan kebiasaan gua pas tarawih, tentunya pas masih kecil. Contoh kayak tidur di sajadah mama, terus pas pulang digendong ke rumah. Atau manja ke mama "Mah aku capek nih istirahat dulu ya" haha, jujur deh kalau taraweh nya sama mama, bukan sama temen-temen cewek gitu, pasti lebih susah buat istirahat sholat terus jajan jajan gitu. (ceritanya qu takoet kpada mama qu)

Kalau kalian gimana, apa kebiasaan tarawih yang kalian lakuin pas masih kecil?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar