Sabtu, 01 Juni 2013

Kendaraan Umum..


Pernah gak sih kalian naik angkot?
Ah pasti pada sering ya nak kendaraan umum yang satu ini.
Kalau miniarta? udah pernah naik belom?

Udah pernah ngerasain sensasi angkutan umum Indonesia belom?
Hahaha kalau belom, nih gua share pengalaman gua bersama angkutan umum Ibu Pertiwi

Kurang lebih seperti inilah pemandangan yang kita jumpai kalau kita main ke daerah tempat tinggal gua, Depok. Tapi kayaknya pemandangan kayak gini udah nggak asing ya dimata kita, apalagi kita yang ada di kota-kota besar. #hufttt..




ANGKOT
Sebenernya ini banyak manfaatnya, terutama buat kalangan menengah kebawah, yang gak kesampean beli mobil atau motor, atau mungkin yang mau ngerasain naik angkot aja juga bisa naik ini..

Manfaat nya tentu aja sebagai alat transportasi umum, yang sebenernya sih niat utamanya Angkutan Umum itu:
"Untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi, sehingga para pengguna kendaraan pribadi bisa memilih angkutan umum demi kenyamanan dan ketentraman ekosistem alamiah"
Tapi setelah difikir-fikir, jumlahnya bahkan hampir lebih banyak dari kendaraan pribadi, dan juga fasilitasnya gak bikin kita betah naik angkutan umum, ya jelas lah kita lebih prefer ke kendaraan pribadi, udah nggak sesek-sesekan, adem pula ada AC nya.

Nih kelemahan angkot yang biasa terjadi:


Penumpang penuh, jadi dempet-dempetan duduknya.
Ini sih terkenal banget pasti, gua sendiri mengalami (apalagi badan gua seuprit, jadi pasti gua kena korban dikepit sama ibu-ibu)
Yang paling heran kalau ada ibu-ibu, entah dia terlalu cuek atau gimana, udah tau gua duduk duluan disebelahnya, di pojok pula, tapi dia dengan tenangnya menjepit gua sampe gua sesek nafas.. padahal disampingnya masih kosong! Tapi dia duduk dengan dempet dempet ke gua! (mana badannya gemuk pula -_-)

Panas, bau ketek
Jelas bukan gua yang bau, tapi penumpang lain. Udah panas-panas, angkotnya ngetem lama banget, eh samping/depan kita baunya nauzubillah... pengen keluar.. tapi udah terlanjur didalem, susah keluar. mana tujuan pemberhentian kita masih jauh banget... ah!

Udah galak, ngebut pula!
Ini nih yang paling males kalo udah ketemu supir angkot yang kayak gini. Gua pernah diomelin supir gara-gara suatu kejadian

Jadi begini kisahnya, gua lagi mau naik angkot, pas ada angkot berhenti gua bersiap mau naik.
Tapi gua liat ada adek kelas gua (Dan penampilan gua waktu itu alay banget, pake seragam gak bener, memalukan untuk dibilang kakak kelas deh) akhirnya gua gak jadi naik
Tapi supiritu masih nungguin, padahal jelas jelas gua udah bilang "Gak jadi bang"

tapi dia nungguin terus, sampe akhirnya gua bilang lagi

"Gak jadi bang" 
"ANJING LO!"
Gua langsung trauma naik angkot sampe beberapa bulan. (*Lebay)

Udah galak, ngebut pula! Iya, gak jarang abang angkot yang kebut-kebutan. Mungkin dia dulunya bercita-cita jadi pembalap F1. Gak jarang juga gua nemu angkot yang dimodif kayak mobil racing gitu..


Kurang keren apa coba? Tapi kan kita masih mau selamat sampai tujuan, kalau ugal-ugalan kan membahayakan penumpang!

Abang angkot korupsi
Mungkin dia juga perlu uang untuk menghidupi keluarganya, tapi dia keterlaluan.. dia merampas hak anak-anak sekolah untuk hemat uang jajan! (walaupun cuman rugi 500 perak)

Gak jarang abang angkot korupsi, misal biaya gua dari sekolah sampe pemberentian akhir itu udah paten Rp 1.000,- dan dari pemberentian akhir angkot 02 itu gua lanjut naik 06 dan bayarnya Rp 1.000,- juga..

Jadi total yang gua butuhkan Rp 2.000,- dan kebetulan uang gua juga cuman selembar Rp 2.000,-

Gua akhirnya bayar ke abangnya dengan uang Rp 2.000,- an itu, dan yang harusnya kembaliannya itu SERIBU, JADI CUMAN GOPEK! (500 perak) Padahal itu kembalian bakal gua naik angkot lagi... kalau cuman gopek mana cukup gua pulang sampe rumah.....

(untung ada temen gua yang siap dihutangi)

Pengamen nya horror!
Gua paling males kalau lagi mau jalan ke mall gitu, ada pengamen di angkot, dan gua sendirian pula di angkot itu.
Kenapa? karena banyak banget pengamen-pengamen horror yang kayaknya gak bakal pergi sebelum kita ngasih mereka uang. Padahal udah ada himbauan untuk gak ngasih pengamen/pengemis gitu dari pemerintah, biar kita ngajarin untuk usaha cari uang jangan kayak gitu aja.

Yang paling serem adalah kalau pengamennya anak PUNK.


Pertama, mereka kalo nyanyi gak nyante... teriak teriak dan gua gak ngerti arti lyric lagu mereka itu apa.
Dan tampang mereka semua serem, walaupun mereka selalu bilang "Kami bukan pencuri, atau kriminal jalanan, tampang kami tidak serem"

Intinya gua paling tidak berdaya kalau udah dihadepin sama pengamen yang ada di angkot-angkot, atau yang lebih parah, bencong yang horror maksimal.
(......)

MINIARTA!
Kalau yang ini lebih seru lagi menurut gua, kenapa?

Karena gua dan Laras, bestfriend gua yang sama-sama hobi berpetualang, sangat suka naik miniarta, buat melatih adrenali kita.

Kenapa gua bilang demikian?
karena naik miniarta butuh perjuangan!

Kalau lu gak naik waktu dia ngetem (atau berhenti nyari penumpang gitu), lu harus naik dengan cara ngejar-ngejar miniartanya dulu, dan loncat naik ke pintu masuk. Kenapa? Karena miniarta gak akan nungguin lu kayak angkot, dia akan terus jalan.

Itu yang gua bilang, melatih adrenali!
Sebenernya sih biasanya gua sama Laras naik dari pangkalan miniarta, tapi pernah gua coba untuk naik langsung dari jalanan, alias ngejar-ngejar dulu kayak yang tadi gua kasih tau sebelumnya.

Apa keuntungan miniarta dari angkot?


  1. Lebih murah, kalau angkot abis Rp 2.000,- sampe depan komplek gua, miniarta cuman Rp 1.500,-! (Hemat gopek, tapi gopek itu juga uang, kawan..)
  2. Melatih adrenali dan jiwa berpetualang! jelas banget, mengingat bagaimana perjuangan kita naik miniarta!
  3. Berasa di ftv ftv gitu... Hehehehehehe kan sering tuh FTV yang lagi di miniarta gitu, siapa tau kenek nya ganteng, atau mungkin supir nya kayak boyband korea.
  4. Bisa ketemu Cogan, kalau beruntung! Terbukti, Laras udah pernah duduk disebelah cogan yang wangi parfumnya kayak artis artis gitu, bukan parfum murahan, dan dia pake jaket gitu deh, gayanya cool cool gimana gitu~ Bahkan kata dia tangannya mulus banget, dan kepalanya ditutupin hoodie jaketnya gitu, jadi sosok yang misterius kayak di film film deh! (Sampe sekarang gua heran, kenapa dia naik miniarta..)

Tapi ada juga kelemahannya.. Misal:

  1. Jumlah miniarta biasanya lebih sedikit dari angkot.
  2. Penumpangnya banyak dan bahkan membludak.. sampe dempet-dempetan lebih dari kita naik angkot
  3. Kalau turun menyeramkan. Kenapa? Karena miniarta gak akan pernah berhenti, jadi kita bener bener harus LONCAT dari miniartanya.
  4. Bau ketek lebih banyak dari angkot biasa. Jelas lah, penumpangnya lebih beragam dan banyak! (dan ini bukan bau gue)
  5. Asep rokok juga gak jarang.. bikin paru-paru gue ternodai! #hiks

Nah belom pernah nyobain naik miniarta? Coba deh.. Seru!

hahaha.. segini dulu cerita pengalaman gua naik kendaraan umum.. Gimana kisah lo?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar