Jumat, 17 Mei 2013

Renungan Malam

Gua punya pengalaman religius waktu di bus pas perjalanan pulang dari Jogjakarta menuju Jakarta.
Pas pulang, gua duduk disebelah Alresa. Dia cowok, tapi dia fleksibel. Kalo sama cewek dia akan jadi cowok, kalau sama cowok dia akan menjadi.. *gak tega ngelanjutinnya*

Nah gua udah nganggep dia sahabat gua sendiri lah, udah biasa main sama dia mah. Tau dah dia nganggep gua sahabat ato cuman temen :-P
Oke, jadi emang gua sering dicengin pacaran sama dia, udah dari kapan tau. Tapi nggak kok, Resa single tuh :-P Gua suka lahhh sama resa jelaaas :3 Dia baek sama gua, walau nyebelin kadang-kadang. Tapi suka doang, kagak cinta :P *ini beda dan ini serius*
Intinya kita masih sama-sama single *ya terus*
Mungkin yang berminat sama gua bisa menghubungi nomer dibawah in... *sebagian text hilang*

Ah skip lah. Jadi begini pengalaman religiusnya (?)



Jadi, jalur selatan itu emang terjal tanjakannya. Dan kanan kiri juga hutan jurang gitu. Gua sama Resa sebenernya udah parno duluan.

"Jam, perasaan ane dari kemaren resah" 
"Nape lu ahahahaa galau?" 
"Kagak.. kayak kita bakal... " 
"Bakal... gak nyampe rumah gitu?" 
"Iya, tiba-tiba punya pikiran kayak gitu" 
"Sebenernya dari awal kita mau ke Jogja juga gua udah takut."

Ya, bener. Gua selalu istighfar kalo udah mikir yang aneh-aneh.
Alhasil gua sama Resa cuman bisa berdoa biar kita selamet. Ya dibawa have fun aja, biar bisa lupa sama pemikiran yang gitu-gitu.

Tapi tiba-tiba, disaat bulan makin bersinar dan yang lain mulai terlelap tidur, lagi-lagi kegalauan menghampiri gua dan resa (bukan galau karena hubungan kita yang sesekali mesra tapi tidak jarang berantem juga, tapi karena sesuatu) *skip bagian akhir*

"Jam, ane merasa beruntung bisa ada disini" 
"Iya, gua juga." 
"Tiba-tiba ane galau lagi.." 
"Iya, gua juga." 
"Huwaaa" *dia mulai setres, menutupi wajahnya dengan jaket, dan gundah gulana. kemudian menatap kosong kedepan* 
"Gua merasa bisa ngelihat beban mereka satu persatu diatas kepala masing-masing" 
"Huwaaa! Ane juga jam!" *wajahnya tiba-tiba berbinar, mengetahui pemikiran gue dan dia sama* "Ane merasa paling beruntung, ternyata masih ada yang bebannya lebih banyak dari ane"

Gua mulai mikir.
Kenapa tiba-tiba gua dan resa bisa semacam dapet ilham entah dari mana. Mungkin karena kita merasa bentar lagi maut bakal ngejemput kita mengingat saat itu jalanan udah mulai horror --"

Tapi serius. Gua merasa, saat itu gua kayak bisa ngeliat gumpalan gumpalan permasalahan semua orang yang ada di bis, diatas kepala mereka. Masing-masing punya masalahnya sendiri, ada yang lebih berat dari gua masalahnya, tapi ada juga yang lebih ringan dari gua masalahnya. Tapi masing-masing punya masalah yang buat mereka semua jatuh di titik terlemah masing-masing.

Gua dan Resa cuman bisa diem. Merenung dengan fikirannya sendiri-sendiri.

Apa yang gua renungkan?
Gua tiba-tiba keinget.
Betapa susahnya orang tua gua dan nenek gua ngumpulin uang cuman buat ikut study tour ke Jogja, yang bahkan gua cemooh 'gak seru dan gak ada apa-apa nya. Yang bikin seru cuman temen-temennya doang'

Iya, uba gua lagi seret uang. Sekarang masih di Sumatera karena ngurusin kebun karet yang butuh perawatan, jadi uangnya kemakan semua buat urusan kebun, dan gak tersisa buat gua, bahkan buat mama gua.

Nenek gua dan mama gua yang berjuang.
Nenek gua bisnis Salon, mungkin sering dipandang sebelah mata, tapi gua bangga akan profesi nenek gua. Walaupun kedengerannya gak seberapa, tapi dengan buka salon dari pagi sampe malem, nenek gua bisa menghidupi lebih dari 5 kepala keluarga sekaligus. Dengan kondisi yang udah menjanda dari lama. Iya, nenek gua gak pernah ngerasain cinta dari kakek gua, nenek gua korban kekerasan, dan bagi nenek gua, cinta itu cuman bikin manusia jadi bodoh.

Mama gua yang sayang banget sama nenek gua. Bahkan kalau boleh gak munafik, gua bisa bilang kalau gak ada yang lebih sayang ke nenek gua daripada mama gua sendiri. Yang kedua uba gua.

Mama gua juga berjuang ngumpulin biaya gua buat ke jogja, walau cuman nyumbang 10% dan sisanya dari nenek gua, tapi mama gua rela dipotong uang belanjanya buat ngasih gua ongkos ke jogja.

Tiba-tiba gua keinget wajah-wajah semua orang yang pernah baik sama gua.

Lebay kan?
Ngapain juga gua sampe segitunya padahal cuman perjalanan mau ke Jakarta?

Sesekali gua ngeliat Resa. Gua gak bisa baca apa yang ada diotak dia, intinya, gua tau dia lagi merenung sama kayak gua.

Nadia, yang duduk di deretan kursi sebelah kanan gua, kayaknya nyadar gua mulai aneh dan diem aja daritadi. Dia juga nanya

"Jam, kenapa lu? Kok diem aja?"

Gua cuman geleng-geleng. Gua udah kagak bisa ngomong apa-apa lagi, kayak nya gua bakal nangis, dan ternyata gua nangis beneran.

Gua lebay emang, gampang banget dibuat nangis, gampang banget nangisin hal-hal sepele yang sebenernya bisa aja lo gak tangisin.

Bahkan seseorang yang gua kenal sampe heran, "Buat apa sih lu nangis, Nov? Toh kalaupun lo nangis emang bisa ngubah semuanya? Enggak kan?"

Iya, gua tau gak akan ada yang bisa diubah. Tapi gua cuman meluapkan emosi gua aja. Setidaknya, emosi gua bisa berkurang, walau kesedihannya masih tetep ada di dalam diri gua.

Gua keinget muka mama gua, yang diem-diem masuk ke dalam kamar gua, ngasih uang yang kalo gua kasih tau nominalnya juga paling gak seberapa daripada yang biasa kalian dapet dari orang tua. Mama gua senyum dan duduk di kasur gua, "Sel, ini uang belanja mama, kamu simpen ya buat ongkos kamu di Jogja"

Gimana hati lo gak sakit, gimana lo gak mau nangis, tau mama lo rela gak belanja, dan terpaksa adek lo juga harus makan seadanya, demi lo? Demi ngasih lo ongkos untuk study tour ke Jogja yang bahkan sempet lo cemooh 'Ah tripnya biasa aja.'

"Lebay lu sel, gitu aja lo sampe nangis. Udah kewajiban orang tua kali ngasih uang ke anaknya untuk kegiatan mereka"

Iya, emang udah kewajiban orang tua gua. Gua nangis bukan karena itu, tapi gua cuman sadar betapa kurang bersyukur nya gua atas apa yang udah Allah kasih ke gua.

Kerudung gua sengaja gua majuin, biar muka gua tambah gak keliatan, dan gelapnya malam bisa nyamarin penglihatan orang-orang biar gak bisa liat air mata gua.

"Jam, ente nangis?" Resa tiba-tiba nanya gitu, pengen banget gua jawab "YA MENURUT PENGLIHATAN LU GUA LAGI KETAWA GITU?"

Hahaha.. tapi gak lah, gua lebih milih diam. Dan dia langsung nutupin mukanya pake jaket dia. Belakangan ini gua tau ternyata dia nangis juga.

Nangis dalam diam, bukan nangis kayak bocah yang ice creamnya jatoh kayak di film film.

Tiba-tiba gua di sms mama gua.

"Yuk, Uwi mau ditelfon sama kamu tuh. Telfon gih"

Deg.. kenapa tiba-tiba nenek gua minta gua untuk nelfon beliau? Bener bener berasa pengen mati gue. (Oh iya, Uwi itu panggilan gua buat nenek gua, Uba itu panggilan gua buat ayah gua, uba itu artinya ayah kalo di bahasa kampung gua di Kayu Agung, Sumsel)

Akhirnya gua telfon. Dengan suara yang kayak kodok karena udah sedikit nangis tadi, gua berusaha ngomong dengan baik tanpa menunjukkan kalau gua abis nangis, atau lagi nangis.

"Ayuk, lagi dimana?" 
"Aku lagi mau balik nih, doain ya biar selamet" 
"Uwi daritadi gak bisa tidur, kepikiran kamu terus kenapa gak kabarin uwi" Gua baru sadar, udah hampir tengah malem. Dan emang gua gak kepikiran untuk ngabarin nenek gua gimana keadaan gua di Jogja, lagi-lagi gua merasa bersalah. 
"Aku gak apa-apa.." Suara gua mulai gemeteran, gua nahan nangis, gua pengen nangis gara-gara denger suara nenek gua. 
"Oh syukurlah, uwi doain kamu selamet ya.. Kamu bawa oleh oleh apa?" 
"Aku bawa daster buat uwi, bawa kaos buat adek, bawa cobek buat mama" GIla kan, gua bawa cobek dari jogja ke jakarta, buat emak gua. -_- 
"Oh iya iya.. yaudah kamu tidur di bis ya, semoga selamat sampe tujuan" 
"Iya, Aamiin"

Akhirnya gua tutup telfonnya.
Dada gua udah sakit, ternyata nahan nangis itu gak segampang perkiraan gua.

Gua lap air mata gua pake jaket ayuki (waktu itu jaket ayuki gua tilep, dan maaf yuk dia jadi korban elapan air mata gua.. dan beberapa.. *Sebagian text hilang*)

Gua melihat resa, dia udah tidur kayak nya (?)

"Terus intinya, lo nangisin apa sih? Gak penting banget kayaknya, gitu aja nangis"

Iya, menurut beberapa dari kalian mungkin cerita gua yang ini gak penting. Tapi menurut gua, gua dapet banyak pelajaran dari trip ke Jogja.

Betapa gua kurang bersyukurnya, disaat orang lain berjuang keras.

Betapa gua memandang remeh suatu hal, tanpa mencoba melihat apa yang ada dibelakang hal itu sendiri, yang sebenarnya nilai dari keluar biasa-an hal itu.

Betapa gua masih kurang memuja nama Allah disaat gua bahagia, cuman inget Allah saat gua lagi sedih aja.

Betapa gua terlalu santai disaat gua akan kehilangan temen-temen gua, nanti.

Itu point point yang gua tangisin.


Akhirnya gua kecapekan nangis. Gua langsung ngucap hamdalah dan syahadat abis selesai nangis, dan gua mengucapkan kalimat aneh dan kalau gua sekarang inget itu gua jadi ngakak, kira-kira gini..

"Ya Allah, ini gila emang, saya rasa kayaknya bentar lagi saya mau mati. Saya takut ya Allah.. Karena saya banyak dosa, dan bahkan saya belum sempet bales budi ke semua orang yang udah baik sama saya.."

Gua melihat sekitar, dan menyadari semuanya udah tidur.

"Kalau saya meninggal hari ini, saya ikhlas. Saya ikhlas ditaruh di neraka kalau emang itu yang pantas buat saya. Tapi kalau saya boleh memohon, izinin saya untuk hidup lebih lama lagi, biar saya bisa jadi orang sukses yang bisa menghidupi semua orang yang udah baik sama saya. Izinin saya berbalas budi buat mereka semua, yaa Allah.."

Akhirnya gua menutup doa gua. Dan gua liat Resa, tadi sebelum dia tidur dia sempet ngomong sama gua.

"Makasih ya Jam, selama ini udah bantu ane"

Dan gua belom sempet bilang makasih balik, dia udah tidur duluan kayaknya.
Akhirnya gua sms dia aje -_- *aneh*

"Makasih juga ya Res, gua kayak orang bego emang sms padahal kita sebelahan wkwk.. kagak bisa ngomong lagi gua. Kadang emang kita cuman bisa nangis dalam diam. Gua merasa jadi orang paling beruntung setelah gua merenung hahaha. Semoga kita masih dikasih kesempatan buat wujudin mimpi mimpi kita semua, Aamiin"

Dan gua tertidur.
Pas banget mau masuk wilayah tanjakan nagreg, gua kebangun sebentar, Resa juga kebangun.
Tapi entah gua gak inget apa yang terjadi, tiba-tiba gua tidur lagi. Dan ternyata resa juga tidur lagi (?)

Sampe bangun-bangun udah di Tol Cijago :-|
Dan sekarang udah bisa tidur dirumah :-|

Gua gak akan melupakan pengalaman agak absurd ini, hahaha thanks ya, buat semua orang yang pernah ada di hidup gua, walaupun gua jahat sama kalian, tapi gua berharap, kalian bisa maafin gua dan kesalahan-kesalahan gua dimasa lalu, ataupun sekarang.
Gua bakal berusaha jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Inilaaah Alresa dan jaket kebangsaannya (warnanya coklat dan dipake kemana-mana selama di Jogja) :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar