Minggu, 10 November 2013

SMP dan SMA? BEDA BANGET!!

Hello, udah lama banget ya gua gak ngepost di blog ini... but here i come and bring something new!

GUA UDAH SMAAAAA

Oke abaikan kalimat yang di highlight merah barusan. Tapi pada dasarnya emang, sekarang gua udah SMA!! Sebenernya sih udah lama, udah dari bulan Juni kemaren, tapi yaa baru gua publish sekarang wahahaha.

"Masa yang paling indah adalah masa SMA"
Awalnya gua gak percaya sama kalimat diatas (padahal belom ngerasain SMA udah sok tau aja) tapi semakin hari gua menjalankan rutinitas gua di SMA, semakin banyak juga perbedaan yang muncul saat kita masih SMP. Apa aja? So check these out!





  • Pulang sore sekitar jam 6 p.m.? Udah biasa.


Jadwal SMP dan SMA super beda. Berhubung kurikulum 2013 ini REMPONG BANGET, jadwalnya juga bertambah. Banyak pelajaran-pelajaran yang bertambah jam belajarnya, tapi ada juga yang berkurang, bahkan dihilangkan.

Tapi ketara banget bedanya! Kalau SMP jam 3 sore juga udah bangun dari tidur siang kali... (mungkin ini gue aja yang tidur siang abis pulang sekolah)

KALAU SMA? Hahaha bisa tidur siang aja udah bersyukur banget.
Semakin lu aktif berorganisasi, semakin lama juga waktu lu disekolah.

Pulang sekolah aja jam 15.00 WIB, setiap hari selasa sama kamis, gua ada ekskul dan itu jadi nya pulang sekitar jam 17.00-18.00 WIB. Belom lagi kalau ada event-event besar, bisa pulang sampe jam 19.00!!

Awalnya sih orang tua protes, tapi ya mau gimana lagi? lama-lama jadi terbiasa, dan justru malah heran kalau anaknya udah sampe rumah jam 15.00 WIB
"Loh kok udah pulang?"
  • Banyak PR, banyak ekskul juga.
Berhati-hatilah dalam memilih ekskul, sebisa mungkin jangan kebanyakan! Emang sih kalau di SMA, rasanya semua ekskul tuh menarik banget. Tapi pikirin juga kesibukan kalian..

Masalahnya, guru juga masih SUKA BANGET ngasih PR, kalau waktu pulang sekolah kesita buat ekskul, PR nya mau dikerjain kapan? Mana biasanya abis pulang langsung tepar, cuci kaki makan dan tidur. Wah.. bisa keteteran kalian.
  • Gak bisa tuh yang namanya 'Hang out' abis pulang sekolah
"Ehh ada film bagus nih! nonton yok!"
"Ayook!! Kapan nih?"
"Kamis aja, abis pulang sekolah! Paling sampe sana jam 2 an, nonton nya yang jam 3 aja!!"

Jaman SMP masih bisa membuat percakapan seperti yang dicontohin di atas... SMA? Hahahha..ha..ha
Pulang aja jam 3 sore, nonton? cuman bisa hari jumat-sabtu-minggu. DAN DI HARI-HARI ITU HARGA TIKET BIOSKOP MAHAL BANGET..... *nangis miris*
  • Temen makin nambah, tapi yang peduli sama lo itu-itu aja.
Ini nih, yang paling ngejleb. SMA makin banyak orang-orang baru yang muncul di kehidupan kita, entah yang sebelumnya udah kenal tapi gak terlalu deket, jadi deket banget di SMA, atau yang belom kenal sama sekali.

Setiap ke kantin, banyak banget orang yang disapa dan nyapa kita, banyak banget temen-temen kita (Ya tergantung kalian juga sih, aktif atau nggak..) tapi yang paling ngenes, SMA itu udah "Lo elo, gue ya gue"

Ngerti gak?
Ya pada intinya, temen emang bertambah, tapi yang bener-bener peduli, selalu ada disisi kita kalau ada kesulitan, selalu bantu kita dan gak pernah lupa sama kita, berkurang. Paling cuman 1-2 orang aja. Haha..ha..ha.
  • Ngerokok? Nggak heran
Mungkin ini agak sedikit tragis, tapi kenyataannya emang bener. Kehidupan di SMA emang bener-bener menggambarkan dunia diluar sana. Bebas mau apa aja, dan bener-bener harus hati-hati dalam bergaul.

Yang lebih ngenes, dari 15 orang temen cowok gue di kelas, cuman 5 orang yang BENER-BENER gak pernah ngerokok, dan 2 diantara 10 orang yang pernah ngerokok itu adalah perokok Aktif.

Jadi, gua punya 2 temen cowok perokok aktif, 8 orang yang 'pernah ngerokok' dan cuman 5 orang yang bener bener bersih dari rokok! Gila. padahal baru kelas 1 SMA.

Q: "Kok bisa sih kalian nyentuh dan nyobain rokok?"
A: "SMA itu kejam banget Sel pergaulannya, bahkan pas lu baru MOPD (masa orientasi peserta didik baru) ada kakak kelas yang ngajakin lo ngerokok, dan justru kalau kita tolak malah di katain cupu. Harus hati-hati banget bergaul."
Dan yang lebih bikin gua shock... temen gue yang mukanya masih babyface banget (beda kelas sama gua) udah jadi perokok aktif sejak kelas 2 SMP!!
  • Keuangan kacau! Pendapatan berkurang, pengeluaran makin banyak..

 Ini nih yang paling ngenes..... Di SMA banyak banget yang harus dibeli, dibayar, pokoknya pengeluaran banyak deh!

Bentar-bentar buat jaket, terus ada iuran buat event-event besar. Belom lagi beli pulsa (ini apa hubungannya) ahhh pokoknya pengeluaran banyak banget.
Mana jajanan di kantin mahal.


Pernah gak sih kalian coba ngesearch di google dengan keyword "Anak sma" nih, hasil gue ngegoogling dengan keyword barusan.
Klik gambar untuk memperbesar.



Hohohoho segini aja ya... sisanya pendapat kalian sendiri :P
So, apa bener masa-masa SMA adalah masa yang paling indah? Let's see..

11 komentar:

  1. harus pandai2 memilih teman..
    akan lebih heran lagi kalo nanti merasakan masa anak kuliah.. hhe
    salam kenal.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha iya nih kak, ya udah siap ancang-ancang aja dari sekarang ya sebelum masuk ke perguruan tinggi nih. Salam kenal juga :)

      Hapus
  2. wah serius ngakak loh ka liat posting kamu hahaha. bulan juli aku udah SMA nih, iyasih katanya masa paling indah jadi penasaran aku hoho. trs posting ya ka:D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung gimana kita menyikapi SMA nya itu sendiri sih menurut akuuu :D
      Semangat ya!! Jadilah anak yang aktif dan berprestasi.. jangan sekolah pulang sekolah pulang aja whoops!!

      Hapus
  3. kayanya justru masa smp masa paling indah deh kak jaman sekarang, smp masih bersih dan polos. sekarang pas sma ..... boro boro :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha mungkin kamu baru masuk sma ya??? Kalau udh jalanin 1-2 tahun di SMA, kamu akan sadar bagaimana berorganisasi, bekerja sama dengan orang lain, dan gimana harus adaptasi dengan orang-orang di sekitar.. mungkin bener sma udh gak polos lagi yaa orang orangnya:(
      But di SMA menurut aku kita justru bisa tau jati diri kita sendiri :)

      Hapus
  4. SMA indah apanya ya? :( , banyak tugas , banyak kegiatan, pulang malem, besoknya ulangan, guru killer, dsb. Itu membuatku mual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kamu harus belajar untuk membuat semuanya indah, jadi kamu gak terbebani.
      Ketawain aja. Wahahahaaha

      Hapus
  5. Masa SMA akan dibilang indah saat kita sudah lepas dari SMA. Saat menjalani masa SMA, boro-boro indah, yang ada nyesek... :(

    BalasHapus
  6. Saya sekarang kls 2 SMA, menurut saya masa smp adalah masa yang paling baik dan menyenangkan, kalo SMA skarang temennya agak gimana gitu kalo berteman sama gue tapi gak tau juga moga itu hanya pikiran saya, pokonya saya menjalani kehidupan di SMA itu banyakan sedih karena temen gak tau kenapa karena gue ranking nya jauh di atas temen atau gimana lah, intinya SMP menurut saya paling berkesan gak kayak SMA, tapi syukuri aja deh dan jalani spirit for meπŸ˜‡πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sma ada kalau naik kelas muridnya di acak lagi gk kak , maksus aku kan di smp ada kaya tukar murid setiap naik kelas kalau sma sama juga ngak kak?
      Soalnya kita sama sama anak tahun 2020

      Hapus