Minggu, 30 September 2012

Inilah Hidup...

Coba deh, pernah gak sih lo bengong, terus tiba-tiba kelintas dipikiran lo pertanyaan-pertanyaan yang tiba-tiba bikin lo galau... misalnya..
"Kenapa ya Tuhan ngasih cobaan kayak gini?"
nah kalau udah begitu, gimana tuh? hah ya gua mau menuliskan ceramah sesuatu yang semoga bisa kita renungkan bersama dan pelajari lebih dalam lagi...

oke gua mau share bentuknya dalam Q&A (Question and Answer) jadi gua tulis pertanyaan yang kadang muncul diotak kita, dan gua bakal kasih jawaban yang semoga bisa jadi renungan buat kita semua.. oke.. here we go.

Q: "Kenapa ya Tuhan ngasih cobaan kayak gini?"
A: Hey.. Wake Up. Tuhan ngasih cobaan itu bukan karena Dia gak sayang sama kita. tapi itu juga demi kebaikan kita, agar kita bisa lebih belajar, lebih dewasa. ya tapi itu sih tergantung kitanya, kalau cuman bisa ngeluh karena lagi ada masalah tanpa berusaha cari solusi dan instropeksi diri, kita gak akan pernah keluar dari masalah itu sendiri. harus bisa berfikir jernih, berfikir dewasa, dan berfikir dari segi pandang manapun. Inget, instropeksi diri sendiri, bukannya nyalahin Tuhan... "God makes NO Mistakes..."

Q: "Kenapa ada Pertemuan, kalau akhirnya kita berpisah juga?"
A: Semua yang ada di dunia ini pasti bermanfaat dan ada alasannya. Lo dipertemukan dengan dia pasti ada alasan dan ada pelajaran yang bisa lo ambil dari hubungan kalian. dan disaat lo kehilangan ataupun pisah sama dia, lagi-lagi gua ingetin jangan sesekali nyalahin Tuhan. karena itu yang terbaik buat lo, pasti. inget... "Di Dunia ini gak ada yang Abadi"

Q: "Kenapa kita Pacaran, Kalau akhirnya putus juga?"
A: Kan udah gua bilang.. Semua yang terjadi pasti ada alasan dan ada pelajaran yang bisa kita petik dari situ. mungkin lo menjalin hubungan dengan si 'dia' dan ternyata putus, bukan nya Tuhan berniat untuk memisahkan lo ataupun merebut kebahagiaan lo. mungkin Tuhan 'nyuruh' lo untuk belajar lagi, belajar ngontrol emosi, belajar lebih dewasa, belajar menerima kenyataan, dan belajar untuk berusaha lebih baik lagi agar kesalahan lo gak terulang untuk kedua/kesekian kalinya lagi.

Q: "Kenapa ya, kalau kita lagi susah, kita inget dan memohon-mohon sama Tuhan agar diberi bantuan, tapi kalau lagi seneng, kadang kita lupa bersyukur.."
A: Ya begitulah manusia. Astaghfirullah.. Gua pernah denger ceramahnya Ustad Yusuf Mansyur... "Salah satu alasan Tuhan memberi kita cobaan adalah karena Ia rindu akan doa-doa kita" yap benar banget. kita pastinya bakal lebih sering berdoa kan, kalau lagi ada masalah? tapi.. alangkah baiknya kalau kita selalu inget sama Tuhan bagaimanapun kondisi kita. ya, bayangin aja, masa kita inget dan berdoa sama Tuhan cuman kalau ada maunya doang sih?

Q: "... Kenapa kita dihidupkan kalau pada akhirnya kita dimatikan lagi?"
A:  Ada empat Fase... "Mati -> Hidup -> Mati -> Hidup (Surga atau Neraka)" Ya. gua jelasin ya. Mati yang pertama.. Maksudnya adalah disaat kita masih belum ada di bumi ini, dimana Tuhan udah ngatus rezki, jodoh, dan bagaimana kehidupan kita di Bumi. Dan pada akhirnya kita diHidupkan, Masa-masa ini dimulai dari kita masih dalam kandungan, sampai nginjek bumi, ya sampai sekarang. sampai pada akhirnya kita harus ngelepasin dunia kita, ngelepasin smeua orang yang ada disekitar kita, disaat kita dipanggil Tuhan, alias Meninggalkan Dunia. nah pada akhirnya, segala amal baik dan buruk kita diperlihatkan lagi, dan hasilnya adalah sebagai penentuan kehidupan abadi kita kelak, apakah kita akan hidup abadi di Surga, atau hidup sengsara di Neraka. dan itu tandanya kita lagi ada di Fase 'Hidup di Bumi' Dan tujuan Tuhan mengirimkan kita di Bumi ini, untuk  Belajar arti kehidupan, belajar kedewasaan, belajar hal-hal lainnya, beribadah dan selalu mengingat Tuhan, dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Dan juga melakukan kebajikan-kebajikan yang akan bermanfaat bag duniawi dan kehidupan kita nantinya di Akhirat. Lagi lagi gua inget ya.... Semua terjadi pasti ada alasan dan Pelajaran yang bisa kita petik :)


Hmmm... ada pertanyaan apa lagi? hehehehe comment aja siapa tau bisa gua jawab :)
Mungkin kalian terus terus ngedumel...
"Lo gampang ya ngomong doang, lo gak ngerasain sih gimana perasaan gue..."
tapi percaya deh, gua juga pernah kok ngalamin masa-masa dimana semua pertanyaan diatas muncul dikepala gue. dan gue belajar, sampai akhirnya nemu jawabannya..
Mungkin gua sok bijak atau pun gimana terserah kalian, tapi gua bisa ngomong kayak gini karena pengalaman hidup gua sendiri, gua dapet smeua jawaban ini dari segala sesuatu yang gua pelajari selama ini :) dan dari perkataan-perkataan orang-orang yang ada disekitar gua. InsyaAllah bermanfaat.


3 komentar:

  1. Maaf saya belum paham betul berikan alasan yg kuat mngapa kt di hidupkan di dunia klo akhirnya dimatikan mengapa dunia itu harus ada....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nih sebelumnya.. tapi saya juga bukan ahli agama banget, dan bukan yang paling tahu soal agama. Tapi guru agama saya bilang, Allah seperti kasih kesempatan kedua untuk membuktikan kalau kita benar-benar pantas untuk tinggal di surga-Nya kelak dengan cara dihidupkan kembali dan ditempatkan di dunia. Tempat dimana kita bisa terbuai, tempat dimana Setan bisa menggoda kita dan karena itu lah dunia ada. Setan akan terus menggoda anak cucu dan keturunan Adam sampai hari kiamat dengan tujuan mencari teman yang akan tinggal bersama di neraka, jangan sampe deh ya Allah.. dan katakan lah kalau disekolah itu, 'ujian' nya agar Allah bisa yakin, kalau tempat kita memang di Surga. Kata guru agama ku sih, gitu...

      Hapus